Isnin, 29 April 2013

SEJARAH RASTA DAN REGGAE


APA ITU RASTA DAN HUBUNGANYA DENGAN REGGAE
Rasta atau rastafari adalah sebuah kepercayaan, pergerakkan sosial dan politik yang di anut oleh bangsa kulit hitam yang bermula di jamaika. Kepercayaan ini ada hubungannya dengan agama nasrani dan yahudi karena nabi mereka, Haile Selassie, di percaya sebagai keturunan langsung dari menelik anak dari nabi Sulaiman dan Ratu Sheba.
Nama Rasta adalah kependekkan dari nama asli Haile Selassie, yaitu Ras Tafari Makonnen. Para Pengikutnya di sebut Rastafarian.
Tuhannya di sebut Jehovah atau Jah yang juga di sembah oleh kaum Yahudi.
Sementara itu, mereka yakin pula kalo pengikutnya yang kebanyakan berkulit hitam adalah salah satu dari suku Bani Israil yang tercecer ketika hijrah dari mesir melewati laut merah.
Rastafari menganjurkan pengikutnya untuk menjauhi materialisme dan hidup alami. Mereka juga di larang memotong bagian tubuhnya ( maka dari itu rambut mereka di biarkan menggimbal ) , dan memakan daging. Asap mariyuana juga di anjurkan di pakai untuk meditasi para rastafari.

Sebagian identitas, biasanya pengikut Rastafari menggunakan warna identitas Merah, Emas( Kuning ), Dan Hijau.
Merah berarti Kebenaran,
Kuning berarti Makmur, dan
Hijau berarti Subur.
Gw juga bukan pengikut rastafari yang men-Tuhan-kan sosok Haile Selassie ato yang bernama asli Ras Tafari Makonnen, raja Ethiopia di tahun 1930. Tapi walopun begitu saya respect terhadap ajaran yang bertujuan melenyapkan segala bentuk penindasan fisik dan juga mental demi tercapainya kedamaian dibumi seperti di Zion (surga) . Hubungan reggae dengan ajaran Rastafari apa ? Ini tak lepas dari Robert Nesta Marley ato yang lebih populer dengan nama Bob Marley sang legenda reggae . Ia menjadi pengikut ajaran ini pada tahun 1967 karena dia seorang musisi maka dia menjadikan musik sebagai alat ‘dakwah‘ demi tercapai tujuan dari ajaran rastafari ini . Jadi sebenernya seorang penyuka reggae tidak harus rastafari atopun sebaliknya seorang rastafari tidak harus seorang penyuka reggae . Salah kaprah reggae yang identik dengan ajaran rastafari terjadi karena memandang dari sosok Bob marley yang kebetulan sebagai penganut ajaran rastafari .
dengan peampilan saya yang kadang memakai atribut berbau reggaedan kelopak mata yang menghitam , saya sering dipandang sebagai pemakai Cannabis(ganja) . Hmmm…perlu digaris bawahi  saya memakai atribut reege bukan karena sering make yang gituan tapi hanya untuk style, Sedang kelopak menghitam karena emang sering begadang, kurang tidur . Dan mengenai atribut reggae yang saya pakai jelas alasannya karena saya menyukai musik itu . Dan reggae ngak selalu identik dengan ganja. Anggapan itu sebenarnya terjadi karena memandang para musisi reggae selalu menggunakan gambar daun ganja sebagai cover dialbum mereka . Apalagi siPeter Tosh tiap kali manggung selalu nyedot daun ganja dan dia pernah mbikin lagu tentang pelegalan ganja ini yang berjudul Legalize It, yang ngakibatin  ditangkap polisi Jamaica, emang nakal banget siPeter ini. . .

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan